Aguspa (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 1 SINGKIL UTARA T. A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4101111002 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 4101111002 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 4101111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 4101111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 4101111002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 4101111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 4101111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM. 4101111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 4101111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 4101111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM. 4101111002 BIBLIOGRAPGY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar
siswa pada materi kubus dan balok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII SMP Al-Fattah Medan
tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Al-Fattah Medan pada
semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Al- Fattah Medan yang berjumlah 35 orang sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada
materi kubus dan balok tahun ajaran 2015/2016.
Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan
angket. Lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dan
aktivitas siswa pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan
angket digunakan untuk melihat respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif
tipe STAD.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Aktivitas belajar siswa pada siklus I
belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya
antar siswa dan antara siswa dengan guru belum memenuhi batas toleransi PWI
(Persentase Waktu Ideal) yaitu 14,66% dan 6,53% (total 21,19%) dari waktu yang
tersedia sedangkan idealnya adalah berkisar 25% sampai 35%. Namun, pada siklus II
aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru sudah
memenuhi batas toleransi PWI yaitu 22,06% dan 6,25% (total 28,31%). Karena semua
kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada siklus II
telah memenuhi kategori ideal. Selanjutnya terdapat peningkatan rata-rata persentase
waktu aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, ini terlihat dari rata-rata
persentase waktu yang diperoleh pada siklus II semakin mendekati waktu ideal yang
sudah ditetapkan. Jumlah siswa yang memenuhi batas toleransi PWI pada masingmasing
aktivitas juga meningkat dari siklus I ke siklus II hingga mencapai lebih dari
50% di masing-masing kriteria aktivitas. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan
aktivitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 071 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; STAD; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 07:06 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8331 |