Dayat, Hadi (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG TIRAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. HADI DAYAT 409411011 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. HADI DAYAT 409411011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. HADI DAYAT 409411011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
3. HADI DAYAT 409411011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5. HADI DAYAT 409411011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. HADI DAYAT 409411011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
6. HADI DAYAT 409411011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. HADI DAYAT 409411011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. HADI DAYAT 409411011 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. HADI DAYAT 409411011 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. HADI DAYAT 409411011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model Kooperatif Learning Tipe
Think Pair Share di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram yang
berjumlah 30 orang yang terdiri dari 1 kelas. Objek penelitian ini adalah
meningkatkanhasil belajar siswa melalui penerapan model Kooperatif Learning
Tipe Think Pair Share di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram.
Soal tes hasil belajar berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes
hasil belajar. Dari hasil tes awal di kelas X diperoleh persentase ketuntasan
klasikal sebesar 20% dengan rata-rata 46,5, pada siklus I (kelas X) terjadi
peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 63,3% dengan nilai rata-rata
69,167 dan pada siklus II (kelas X) terjadi peningkatan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 90% dengan rata-rata 78,833. Berdasarkan hasil observasi yang
dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan
guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori baik. Pada siklus II, tingkat
kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram
sehingga pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share dapat
dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar
siswa dalam belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 088 |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Belajar Mengajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 08:41 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8306 |