Yulia, Nanda (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DI KELAS VIII/1 SMP NEGERI 1 BESITANG T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4123311032 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
NIM. 4123311032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
NIM. 4123311032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
NIM. 4123311032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
NIM. 4123311032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
NIM. 4123311032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM. 4123311032 BAB I.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
NIM. 4123311032 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM. 4123311032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM. 4123311032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran
NHT (Numbered Head Together) di Kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang. Subjek
penelitian adalah kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang yang berjumlah 35 siswa.
Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
di kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang T.A 2015 / 2016. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus,
dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk
mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal
untuk setiap tes adalah uraian.
Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan
awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan
masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan
penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan materi
kubus dan balok.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk
mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang
diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VIII/1 adalah 48,57. Setelah
pemberian tindakan melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada
siklus I, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 71,78
dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal
sebanyak 26 orang (74,27%). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I
pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah II adalah 83,21
dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal
sebanyak 31 orang (88,55%).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan
model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada pokok bahasan kubus
dan balok di kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dimana peningkatan
diperoleh setelah siklus II dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 066 |
Keywords: | Belajar Matematika, Pelajaran Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 08:14 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8302 |