Nurmaliyanti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DAN JAGAT RAYA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.3101131218 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 3101131218 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM. 3101131218 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
5. NIM. 3101131218 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 3101131218 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7. NIM. 3101131218 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 3101131218 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9. NIM. 3101131218 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
14. NIM. 3101131218 BAB V.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
10. NIM. 3101131218 BAB I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
16. NIM. 3101131218 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penerapan kolaborasi model pembelajaraan kooperatife tipe jigsaw dengan media audio-visual untuk meningkatkan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi tata surya dan jagat raya kelas X SMA Negeri 1 Siantar tahun ajaran 2014/2015. Skripsi jurusan pendidikan geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Siantar T.A 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan media audivisual dapat pada materi Tata Surya dan Jagat Raya. (2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Siantar T.A 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan media audivisual pada materi Tata Surya dan Jagat Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas X SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2014/1015. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik observasi, dan (2) teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatife tipe jigsaw dengan media audio-visual dapat meningkatkan : (1) Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 0,19% adanya peningkatan dari 74,81% di siklus I menjadi 75,00% di siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw dengan media audio-visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Tata surya dan jagat raya. (2) Hasil belajar siswa sebesar 17,85% adanya peningkatan dari 64,29% di siklus I menjadi 82,14% di siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw dengan media audio-visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Nur p |
Keywords: | Kerangka Teoritis, Kerangka Berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 04:43 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8294 |