Sembiring, Christina Br. (2016) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA ASPEK PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP WILAYAH KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran PPKn di SMP wilayah Kota Binjai? 2. Apa kendala-kendala yang dihadapi Guru PPKn dalam mengimplemen- tasikan penilaian autentik sesuai dengan Kurikulum 2013 di SMP wilayah Kota Binjai?
Tujuan Penelitian ini yitu : 1. Menganalisis dan mendiskripsikan bagaimana implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran PPKn di SMP wilayah Kota Binjai. 2. Menganalisis dan mendiskripsikan apa kendala-kendala yang dihadapi Guru PPKn dalam mengimplementasikan penilaian autentik sesuai dengan Kurikulum 2013 di SMP wilayah Kota Binjai.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriftif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Stake Countenance Model. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru PPKn di SMP wilayah Kota Binjai yang melaksanakan kurikulum 2013 berjumlah 20 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam menganalisis data menggunakan metode deskripstif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan tentang evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada aspek penilaian autentik mata pembelajaran PPKn di SMP wilayah Kota Binjai dengan model evaluasi stake skor rata-rata yaitu 3,04 termasuk kedalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dari ketiga tahap evaluasi stake yang terdiri dari fase masukan (antecedents phase) yang dievalusi terdiri dari komponen perencanaan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan skor rerata 3,05 dan termasuk kedalam kategori baik. Pada fase masukan, aspek yang belum dilaksanakan dengan baik pada perencanaan penilaian sikap yang dibuat oleh guru yaitu pada aspek rubrik perencanaan penilaian seharusnya memuat petunjuk/uraian dalam penilaian skala namun di dalam RPP hanya terlihat skala penilaian saja. Pada fase proses (transaction phase) yang dievalusi terdiri dari komponen pelaksanaan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan skor rerata 2,98 dan termasuk kedalam kategori baik. Pada fase proses, untuk penilaian sikap kebanyakan hanya menggunakan teknik penilaian observasi, sedangkan teknik penilaian yang lain belum dilakukan seperti penilaian diri, penilaian antarpeserta didik. Pada fase hasil (outcomes phase) yang dievaluasi terdiri dari komponen manajemen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan skor rerata 3,11 termasuk kedalam kategori baik. Pada fase hasil, dalam perhitungan nilai dan perekapannya masih ada guru yang hasil penilaian dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama. Kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu 1. Kurangnya kemampuan guru dalam membuat prencanaan penilaian. 2. Kurangnya kemampuan guru dalam pelaksanaan penilaian 3. Kurangnya kemampuan guru dalam manajemen penilaian. Sehingga guru masih membutuhkan pelatihan lebih lanjut mengenai kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sem e |
Keywords: | Evaluasi; Penilaian autentik; Mata pelajaran PPKn; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 09:02 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8272 |