Batubara, Khoirul Fikry, (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 609312049_COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 609312049_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
3. NIM. 609312049_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 609312049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM. 609312049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 609312049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 609312049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 609312049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 609312049_BAB I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
13. NIM. 609312049_BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 609312049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Perguruan Keluarga Pematang Siantar Tahun Ajaran 2015-2016. Dari hasil data awal (pretest) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah masih rendah dan ini berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat di analisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Perguruan Keluarga yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah yaitu 13 orang (43,33%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 17 orang (56,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada siklus I memiliki rata-rata (66,64%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah yaitu 26 orang (86,66%) siswa yang tuntas pembelajarannya, dan 4 orang (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus II memiliki rata-rata (80,70%).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran dapat meningakatkan hasil belajar passing bawah Pada Siswa Kelas X SMA Perguruan Keluaraga Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKR 008 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:54 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8237 |