Hutapea, Muhammad Azhar (2016) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARBAU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. DAFTAR LAMIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Atas Bola Voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Penerapan gaya mengajar Resiprokal. Lokasi penelitian ini adalah di SMPN Negeri 3 Marbau. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marbau pada Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang, diantaranya terdiri dari 13 orang siswa putra dan 19 orang siswa putri.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach), yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Passing Atas Bola Voli, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar observasi siswa, lembar observasi guru, angket untuk mengetahui tanggapan siswa dan test hasil belajar Passing Atas Bola Voli dengan menggunakan lembar portofolio.
Dengan Penerapan gaya mengajar Resiprokal dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar Passing Atas Bola Voli siswa dari mulai data observasi hingga pada siklus II, pada data observasi yang dilakukan terdapat 15 siswa (46,87%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 58,88. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 17 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 53,13% dengan nilai rata-rata 41,12. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 28 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 87,5% dengan rata-rata nilai 81,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Passing Atas Bola Voli. Melalui Penerapan gaya mengajar Resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marbau Tahun Ajaran 2015/2016.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan Penerapan gaya mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Passing Atas Bola Voli Pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marbau Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 001 |
Keywords: | Gaya mengajar resiprokal; Passing atas bola voli; |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:44 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8235 |