Purba, Dewi Suryani (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126172010 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 8126172010 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. 8126172010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. 8126172010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. 8126172010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. 8126172010 TABLES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. 8126172010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. 8126172010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
12. 8126172010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. 8126172010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran matematika, dan (4) untuk mengetahui proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sample penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 and VII-5 SMPN 2 Percut Sei Tuan berjumlah 69 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas 0,82 untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan 0,70 untuk tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (3) Respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran yang diterapkan pada kedua kelas eksperimen menunjukkan respon positif dan (5) Proses jawaban pemecahan masalah siswa kelas pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibanding proses jawaban siswa kelas Jigsaw dan proses jawaban komunikasi matematis siswa kelas pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibanding pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Pur p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Jigsaw; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 03:14 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8220 |