MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MATA PELAJARAN KELOMPOK KEJURUAN

Sutopo, Adi (2013) MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MATA PELAJARAN KELOMPOK KEJURUAN. Majalah Ilmiah Bina Teknik, 14 (01). pp. 59-67. ISSN 0564-185X

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of Dewan Redaksi.jpg]
Preview
Image
Dewan Redaksi.jpg

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran kelompok kejuruan merupakan mata pelajaran wajib yang harus dikuasi semua siswa SMK, sehingga penguasaan kompetensi sangat diperlukan. Penguasaan kompetensi memerlukan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan metode pembelajaran yang tepat,sehingga efisiensi dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kompetensi siswa SMK. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi kelompok kejuruan dengan menggunakan metode inquiri. Menggunakan metode inquiri ini diharapkan siswa tidak hanya sekedar praktek keterampilan melainkan mampu mengembangkan diri dalam kemampuan kognitif dan eksploratif.Metode inquiri merupakan metode pembelajaran yang mana siswa dapat mengkonstruksi ilmu pengetahuan berdasarkan pertanyaan yang muncul dari pengalaman. Model pengajaran inquiri membuat siswa tidak sekedar menghafal, tetapi siswa dapat mencari jawab terhadap pertanyaan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran dengan cara melihat, mengamati, bereksperimen dan bereksplorasi secara langsung konsep-konsep materi pelajaran kejuruan sehingga mendorong keingintahuan siswa pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut. Melalui pendekatan model pengajaran ini siswa diharapkan menjadi inovatif dan kreatif.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Inquiri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 29 Mar 2016 08:41
Last Modified: 29 Mar 2016 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item
View Item