Sutopo, Adi (2013) MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MATA PELAJARAN KELOMPOK KEJURUAN. Majalah Ilmiah Bina Teknik, 14 (01). pp. 59-67. ISSN 0564-185X
Cover.jpg
Download (494kB) | Preview
Dewan Redaksi.jpg
Download (484kB) | Preview
Full Text.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
Abstract
Mata pelajaran kelompok kejuruan merupakan mata pelajaran wajib yang harus dikuasi semua siswa SMK, sehingga penguasaan kompetensi sangat diperlukan. Penguasaan kompetensi memerlukan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan metode pembelajaran yang tepat,sehingga efisiensi dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kompetensi siswa SMK. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi kelompok kejuruan dengan menggunakan metode inquiri. Menggunakan metode inquiri ini diharapkan siswa tidak hanya sekedar praktek keterampilan melainkan mampu mengembangkan diri dalam kemampuan kognitif dan eksploratif.Metode inquiri merupakan metode pembelajaran yang mana siswa dapat mengkonstruksi ilmu pengetahuan berdasarkan pertanyaan yang muncul dari pengalaman. Model pengajaran inquiri membuat siswa tidak sekedar menghafal, tetapi siswa dapat mencari jawab terhadap pertanyaan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran dengan cara melihat, mengamati, bereksperimen dan bereksplorasi secara langsung konsep-konsep materi pelajaran kejuruan sehingga mendorong keingintahuan siswa pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut. Melalui pendekatan model pengajaran ini siswa diharapkan menjadi inovatif dan kreatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Inquiri |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 08:41 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/822 |