Hasibuan, Yumni Aulia (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP TAMAN SISWA TANJUNG SARI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172093 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 8136172093 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. 8136172093 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. 8136172093 PREFACE.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. 8136172093 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. 8136172093 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. 8136172093 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. 8136172093 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
12. 8136172093 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13. 8136172093 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. (2) Mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis melalui penggunan perangkat pembelajaran dapat meningkat. (3) Mengetahui proses penyelesaian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap dissaminate dilakukan dengan disain quasi eksperimen one group pre-test post-tes dengan teknik analisis data statistik kuantitatif uji t. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa dan guru kelas VIII-1. Subjek pada uji lapangan adalah siswa dan guru kelas VIII-2. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. (1) Validitas ditunjukkan dari hasil 5 orang validator, rata-rata total validitas untuk RPP: 4,23; LAS: 4,11; Buku Siswa: 3,96; Tes Kemampuan Belajar: 4,0, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 3 ≤ Va < 4). Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil: lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,92; Respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,31 dan 3,50, hasil uji keterbacaan ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). Kefektifan dilihat dari uji coba lapangan dengan hasil: nilai ketuntasan hasil belajar pada uji coba lapangan pertama belum mencapai kriteria keefektifan (ketuntasan belajar klasikal 85%), sedangkan pada uji coba lapangan kedua sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik (3,50 - 4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. (2) Pada uji lapangan pertama dan kedua menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis meningkat secara signifikan yang ditunjukkan dari nilai (sig.) = 0,00 ((sig.) 0,05). (3) Proses penyelesaian masalah matematis yang dibuat siswa dalam pembelajaran berbasis masalah lebih baik. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Has p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 03:09 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8219 |