Aris, Abdul (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DI KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8106172021 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 8106172021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM 8106172021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM 8106172021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 8106172021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM 8106172021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM 8106172021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 8106172021 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
12. NIM 8106172021 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM 8106172021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biasa. (2) Untuk mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biasa. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran kontekstual dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (4) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran kontekstual dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemandirian belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol diberi pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan koneksi matematis, (2) Angket kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi persyaratan validasi isi, dengan koefisien realibilitas r11= 0,882 untuk kemampuan koneksi matematis, selanjutnya r11= 0,886 untuk kemandirian belajar siswa.
Analisis data yang digunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur, dengan melibatkan kemampuan awal siswa sebagai variabel penyerta. Dari perhitungan dengan signifikansi α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 29,623 > Ftabel = 4,022 untuk kemampuan koneksi matematis dan Fhitung = 39,680 > Ftabel = 4,022 untuk kemandirian belajar siswa. Selanjutnya Fhitung = 0,026 < Ftabel = 3,172 untuk interaksi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi dan Fhitung = 0,902 < Ftabel = 3,172 untuk interaksi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biasa. (2) Kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran kontekstual dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran kontekstual dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ari p |
Keywords: | Kemampuan koneksi matematis; Kemandirian belajar siswa; Pembelajaran kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 09:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8208 |