PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELAYU

Yusra, Della Amrina (2015) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBASIS KONTEKS BUDAYA MELAYU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136171016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136171016 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136171016 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136171016 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136171016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136171016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136171016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136171016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136171016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136171016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136171016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136171016 TABLES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136171016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136171016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 8 8136171016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8 8136171016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136171016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136171016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136171016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136171016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi siswa dengan pembelajaran joyful learning berbasis konteks budaya Melayu; (2) mendeskripsikan profil motivasi belajar siswa dengan pembelajaran joyful learning berbasis konteks budaya Melayu; (3) mendeskripsikan profil proses jawaban siswa dengan pembelajaran joyful learning berbasis konteks budaya Melayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan melalui tiga tahap, yakni tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas VII MTs Yaspi Labuhan Medan dengan dua subjek berkemampuan komunikasi matematika tinggi, dua subjek berkemampuan komunikasi sedang, dan dua subjek berkemampuan komunikasi rendah, pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh: 1) Terdapat perubahan positif kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan matematika setelah diberikan pembelajaran joyful learning berbasis konteks budaya Melayu. Kesulitan siswa dalam mengkomunikasikan matematika adalah subjek kurang mampu memahami soal dengan baik, kurang terlatihnya kemandirian siswa, dan kurang teliti dalam proses pengerjaannya dan tergesa-gesa dalam buat kesimpulan. 2) Motivasi siswa mengalami perubahan positif karena pembelajaran ini merupakan hal yang baru bagi siswa dan menyenangkan bagi siswa. 3) Proses jawaban siswa menunjukkan subjek lebih bisa mengkomunikasikan soal matematika setelah diberikan pembelajaran ini. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan pembelajaran joyful learning berbasis konteks budaya Melayu sebagai alternatif pembelajaran dengan mengaitkan antara kebudayaan dalam pemahaman konsep matematika atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 512.707 1 Yus p
Keywords: Joyful learning; Budaya Melayu; Komunikasi matematika; Motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:39
Last Modified: 29 Jul 2016 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8198

Actions (login required)

View Item
View Item