Setiawan, Ikhsan (2016) PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6112113086 COVER .pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 6112113086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 6112113086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 6112113086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 6112113086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 6112113086 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6112113086 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 6112113086 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 6112113086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM. 6112113086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 6112113086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribblingsepak bola melalui penerapan gaya mengajar terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Beringin pada tahun 2015/2016.Dari data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan dribbling sepak bola menggunakan kaki bagian dalam masih rendah yaitu ada 8 orang siswa yang tuntas dalam belajar nya (25%) dan 24 orang siswa yang tidak tuntas belajar nya (75%). Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan dta dlam bentuk tabel,sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang, diantranya terdiri dari 16 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri.
Hasil dari penelitian siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar dribbling sepak bola menggunkan kaki bagian dalam yaitu 18 orang siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajarnya (56,25%), dan 14 orangsiswa yang tidak tuntas belajarnya (43,75%). Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dribbling sepak bola menggunakan kaki bagian dalam pada siklus I secara keseluruhan mencapai (66%). Pada siklus II menunjukan bahwa hasil belajar dribbling menggunkan kaki bagian dalam yaitu 28 siswa yang tuntas dalam belajarnya (87,50%), dan 4 orang siswa tidak tuntas belajarnya (12,50%) dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik dribbling Sepak Bola Dengan Menggunkan Kaki Bagian Dalam pada siklus II mencapai (77,5%).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran denagan penerapan penemuan gaya mengajar terbimbing memebrikan kontribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar dribbling sepak bola menggunkan kaki bagian dalam pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 053 |
Keywords: | Hakikat gaya mengajar penemuan terbimbing; hakikat permainan sepak bola; hakikat dribbling kaki bagian dalam |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 07:46 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8190 |