Adhari, M.Ardansyah (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEBANG KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311075 COVER.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2. NIM. 6113311075 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 6113311075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 6113311075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 6113311075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 6113311075 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6113311075 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6113311075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 611311075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM. 6113311075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 6113311075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar shooting bola basket melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X-1 yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses shooting bola basket.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik shooting bola basket. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 55,55% dengan nilai rata-rata 64,58 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 16 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 44.44%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,88% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 040 |
Keywords: | Hakikat pendidikan jasmani; hakikat shooting bola basket; hakikat mengajar dan gaya mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 07:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8187 |