Syahputry, Febri Yanti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING JARAK PENDEK MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN PANGKALAN BERANDAN KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311052 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 6113311052 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 6113311052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 6113311052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 6113311052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 6113311052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 6113311052 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 6113311052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 6113311052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM. 6113311052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM. 6113311052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Jarak Pendek Menggunakan kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi dan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelasVIII-4 yang terdiridari 36 siswa.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passingmenggunakan kaki bagian dalam. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata 65,27dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 15 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 41,66%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,88% dengan nilai rata-rata 79,13 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 11,11% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Passing jarak pendek menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Babalan Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat Tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 039 |
Keywords: | Hakikat permainan sepak bola; hakikat hasil belajar; hakikat pendidikan jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8185 |