Sitanggang, Riwi Deni (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT TERHADAP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
NIM 8136172072 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM 8136172072 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
NIM 8136172072 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
NIM 8136172072 KATA PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
NIM 8136172072 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM 8136172072 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 8136172072 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM 8136172072 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM 8136172072 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
NIM 8136172072 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
NIM 8136172072 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat siswa terhadap matematika. (2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (3) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap develop dilakukan dengan disain one group pre-test post-tes. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas 〖VIII〗_2. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas 〖VIII〗_1. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis efektif. (1) Validitas ditunjukkan dari hasil 5 orang validator, rata-rata total validitas untuk RPP: 4; Buku Siswa: 4,7; Buku Guru: 4,07; LKS: 3,97; Tes Hasil Belajar: 4,0, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 3 ≤ Va < 4). Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil: aktivitas siswa: aktif dan berada pada waktu ideal; kemampuan guru mengelolah pembelajaran: 3,67; angket respon siswa: 97,06% siswa senang mengikuti pembelajaran (memenuhi kriteria kepraktisan). Keefektifan dilihat dari uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 80%. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan minat siswa terhadap matematika, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sit p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan matematika kontekstual; Kemampuan pemahaman konsep; Minat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8157 |