PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT TERHADAP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2014/2015

Sitanggang, Riwi Deni (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT TERHADAP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 8136172072 COVER. pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 KATA PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 KATA PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136172072 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
NIM 8136172072 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat siswa terhadap matematika. (2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (3) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap develop dilakukan dengan disain one group pre-test post-tes. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas 〖VIII〗_2. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas 〖VIII〗_1. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis efektif. (1) Validitas ditunjukkan dari hasil 5 orang validator, rata-rata total validitas untuk RPP: 4; Buku Siswa: 4,7; Buku Guru: 4,07; LKS: 3,97; Tes Hasil Belajar: 4,0, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 3 ≤ Va < 4). Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil: aktivitas siswa: aktif dan berada pada waktu ideal; kemampuan guru mengelolah pembelajaran: 3,67; angket respon siswa: 97,06% siswa senang mengikuti pembelajaran (memenuhi kriteria kepraktisan). Keefektifan dilihat dari uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 80%. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan minat siswa terhadap matematika, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sit p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan matematika kontekstual; Kemampuan pemahaman konsep; Minat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:27
Last Modified: 29 Jul 2016 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item
View Item