Astuti, Sri Puji (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS VC SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1112111008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1112111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
1112111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
1112111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
1112111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1112111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1112111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1112111008 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1112111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1112111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
1112111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1112111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok Tokoh-Tokoh Persiapan Kemerdekaan di kelas V-C SDN 101772 Tanjung Selamat T.A 2014/2015.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa V-C SD Negeri 101772 Tanjung Selamat tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa Laki-laki dan 16 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre tes dari 28 jumlah siswa terdapat 5 orang (17,90%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 40 dan sebanyak 23 orang (82,10%) siswa yang tidak tuntas dalam belajar, selanjutnya pada siklus I, 16 orang (57,14%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 71,9 sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang (42,86%). Pada siklus II sebanyak 25 orang (89,3%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 87,4 dan 3 orang (10,7%) siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok usaha tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan di kelas V-C SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A. 2014/2015. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang dan menggunakan model pembelajaran Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 021 |
Keywords: | - |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8145 |