Siringo-ringo, Ester (2015) HUBUNGAN PEMBERIAN GANJARAN (REINFORCEMENT) GURU DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 020275 BINJAI TIMUR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111018 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1113111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
1113111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
1113111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
1113111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
1113111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
1113111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
1113111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
1113111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
1113111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.P. 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-1, yaitu sebanyak 33 siswa yang ditentukan dengan teknik random (random sampling). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 30 item soal dan lembar observasi aspek sikap dan keterampilan. Sebelum tes digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan soal. Pengujiannya meliputi uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Dalam penelitian ini, keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari 4 indikator, yaitu (1) tingkat penguasaan materi siswa tergolong tinggi, yaitu 81,92%, (2) ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,88%, (3) ketuntasan pencapaian indikator sebanyak 7 indikator telah tercapai dengan rata-rata pencapaian, yaitu 80,79%, dan (4) hasil observasi aspek sikap (77,77%) dan keterampilan (75,47%) tergolong baik. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi pencemaran lingkungan di kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.P. 2014/2015 adalah efektif.Kata kunci: efektivitas, discovery learning, pencemaran lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 015 |
Keywords: | Ganjaran, Perilaku Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8144 |