Sinaga, Ida Purnawati (2015) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI SD NEGERI 036409 LUMBAN TORUAN KECAMATAN LAEPARIRA KABUPATEN DAIRI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111027_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
1113111027_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
1113111027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
1113111027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
1113111027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
1113111027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1113111027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1113111027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
111311027_BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1113111027_BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
1113111027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V dan VI SD negeri 036409 Lumban Toruan. Tujuan penelitian ii adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V dan VI SD Negeri 036409 Lumban Toruan.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 036409 Lumban Toruan dengan populasi sebanyak 33 orang dan sampel dengan 33 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh orang tua adalah angket dengan jumlah 40 butir. Validitas tes diuji menggunakan teknik korelasi produk momen dengan hasil 40 butir dinyatakan valid.sedangkan realibilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 0,928 pada taraf signifikan 95% dengan alpha 5%. Untuk mengetahui hasil belajar siswa teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, yaitu dengan menggunakan DKN kelas V dan VI semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 sebagai sumber data.Teknik analisi data menggunakan korelasi product moment sedangkan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,344 sedangkan rhitung sebesar 0,395 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hipotesis denga menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,39 dan ttabel 1,696 sehingga Ha diterima dan Ho di tolak yang artimya terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa SD Negeri 036409 Lumban Toruan.Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa pola asuh orang tua akan berdampak pada hasil belajar anak. Semakin baik pola asuh yang diterapkan oleh orang tua maka semakin tinggi hasil belajar siswa SD Negeri 036409 Lumban Toruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 002 |
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8135 |