MENINGKATKAN PERSEPSI POSITIF MEMATUHI PERATURAN MELALUI PEMBELAJARAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2014/2015.

Chairunnisa (2015) MENINGKATKAN PERSEPSI POSITIF MEMATUHI PERATURAN MELALUI PEMBELAJARAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103351005 COVER.pdf]
Preview
Text
1103351005 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
1103351005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
1103351005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
1103351005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
1103351005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 TABLES.pdf]
Preview
Text
1103351005 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
1103351005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
1103351005 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
1103351005 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
1103351005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 1103351005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
1103351005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) akan dapat meningkatkan persepsi positif dalam mematuhi peraturan pada mahasiswa bimbingan konseling di Universitas negeri Medan Tahun Ajaran 2014-2015. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan persepsi positif dalam mematuhi peraturan pada mahasiswa bimbingan konseling di Universitas negeri Medan Tahun Ajaran 2014-2015 melalui Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-KO). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan menggunakan teknik analisis deskripstif kualitatif data. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbinga konseling semester 2 Unimed sebayak 10 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan daftar cek yang diberikan kepada subjek penelitian, catatan lapangan, lembar penilaian AKURS, dan observasi pelaksanaan kegiatan yang diberikan kepada observer untuk menilai keberhasilan tindakan. Dari hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan tindakan yang berupa Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) terjadi peningkatan sebesar 50%. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti kepada mahasiswa namun peningkatan ini masih berada dalam kriteria kurang berhasil sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II karena belum mencapai target yang telah ditentukan peneliti. Dari hasil analisis data pada siklus II setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan sebesar 80% dan persentase ini telah sesuai dengan target keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti sebelum melakukan tindakan.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) dapat meningkatkan persepsi positif mahasiswa dalam mematuhi peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.404 7 Cha m
Keywords: Persepsi Positif; Mematuhi Peraturan; Pembelajaran Karakter; Cerdas Format Kelompok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 03 Aug 2016 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8103

Actions (login required)

View Item
View Item