PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAMIFTAHUL JANNAH PASAR II DONDONG TIMUR KECAMATAN WAMPU,KABUPATEN LANGKAT T.A 2014/2015

Darmawati, Rika Surya (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAMIFTAHUL JANNAH PASAR II DONDONG TIMUR KECAMATAN WAMPU,KABUPATEN LANGKAT T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103113044 COVER.pdf]
Preview
Text
1103113044 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1103113044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103113044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103113044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103113044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044  BAB I.pdf]
Preview
Text
1103113044 BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044 BAB V.pdf]
Preview
Text
1103113044 BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044  DAFTAR PUSTAKA b.pdf]
Preview
Text
1103113044 DAFTAR PUSTAKA b.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 1103113044 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
1103113044 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering kali dijumpai di lapangan yaitu orang tuaberanggapan bahwa kemampuan akademik lebih penting dibandingkanmengembangkan kecerdasan interpersonal anak,ditambah alat peraga untukmengembangkan metode bercerita tersebut sangat terbatas, terlebih anak sukabermain sendiri dan tidak mau berbagi mainan pada saat bermain bersama danpada saat didalam kelompok anak tidak suka untuk bekerja sama pada saat adakegiatan dalam kelompok. Salah satu cara yang digunakan untuk menyelesaikanpermasalahan anak tersebut adalah dengan menerapkan metode bercerita padaanak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonalanak.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen post testonly control design. Adapun populasi anak berjumlah 30 orang,dengan sampel 30orang.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode bercerita sedangkanvariabel terikat adalah kecerdasan interpersonal. Instrumen pengumpulan datayaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Dan observasidilakukan dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α= 0,05Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelaseksperimen 10,53 dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 9, sehinggakecerdasan interpersonal anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategoritinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 6,8 dengan nilai tertinggi 9dan nilai terendah 6, sehingga kecerdasan interpersonal anak pada kelas kontroltergolong dalam kategori cukup.Selanjutnya berdasarkan hasil data pengujianhipotesis dilakukan bahwa thitung(9,973) > ttabel (1,701) pada taraf nyata α =0,05,sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan padapenggunaan metode bercerita terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6tahun di RA MIFFTAHUL JANNAH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Dar p
Keywords: Anak; Bercerita;Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item
View Item