Sari, Nila (2015) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI PAUD DIRAS TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1113313006 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1113313006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
1113313006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113313006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1113313006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113313006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1113313006 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
1113313006 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1113313006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah,“apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemandirian pada anak usia5-6 tahun di PAUD Diras Tahun Ajaran 2014/2015”?. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan kemandirian anak usia 5-6 tahun denganmenggunakan metode pemberian tugas di Paud Diras Kec. Medan Amplas. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalahmeningkatkan kemandiran anak usia 5-6 tahun di Paud Diras TA 2014/2015.Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 18 orang.Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan datamenggunakan lembar observasi. Hasil analisa setelah diberikan tindakan I yaitudiperoleh kemandirian anak masih rendah. Dari 18 anak, 8 orang anak (45%)yang memiliki kemandirian pada kategori baik , 6 orang anak (33%) pada kategoricukup baik, sementara 4 orang anak (22%) masih pada kriteria kurang baik. Nilairata-rata kemandirian anak yaitu 53,1. Pada siklus ini kemampuan klasikal belumtercapai karena kemampuan klasikal anak pada kriteria baik (65-84) lebih rendahdari 75% yaitu 45%.Hasil analisa pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, anak yangmemiliki kemandirian pada kategori sangat baik ada 13 orang anak (72%) dan 5orang anak lagi (28%) pada kategori baik. Nilai rata-rata kemandirian anak yaitu88,9. Pada siklus ini kemampuan klasikal anak sudah tercapai yaitu sebesar 100%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa metode pemberian tugasdapat meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Paud Diras Kec. MedanAmplas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Sar m |
Keywords: | Anak; Kemandirian; Pemberian tugas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8081 |