Christa R PH S (2015) PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERILAKU HEMAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGALINGGA TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151009 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
1103151009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
1103151009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
1103151009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1103151009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103151009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103151009 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
1103151009 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103151009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perilaku Hemat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga Tahun Ajaran 2014-2015? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perilaku Hemat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga Tahun Ajaran 2014-2015”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Tigalingga yang berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk diolah data tentang perilaku hemat siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 53 item angket yang disebarkan ada 38 item yang valid dan 15 item yang tidak valid, yaitu soal no. 3, 6, 9, 10, 17, 18, 24, 25, 28, 30, 33, 36, 37, 44 dan 49. Jadi soal yang diberikan terhadap 10 sampel berjumlah 38 item. Teknik analisis data mengunakan uji wilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh data pre-test perilaku hemat siswa rata-rata 83,2 dan rata-rata post-test perilaku hemat siswa adalah sebesar 104,4, dan terdapat peningkatan internal perilaku hemat siswa senilai 25,48%. Hal ini dapat dilihat Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 8. Oleh karena J(0) <J0,05 (8) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa perilaku hemat siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi memiliki peningkatan perilaku hemat yang lebih tinggi, artinya perilaku hemat siswa yang mendapatkan bimbingan kelompok teknik diskusi lebih tinggi dari pada sebelum dilakukan bimbingan kelompok diskusi dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.4 Chr p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Prilaku Humor; Fungsi Layanan; Hemat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8057 |