Handayani, Sri (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA PADA PEMBELAJARAN PKN DIKELAS IV SDN 101865 BINTANG MERIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311102 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109311102 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
109311102 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
109311102 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
109311102 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
109311102 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
109311102 BAB I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
109311102 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
109311102 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109311102 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswapada pembelajaran Pkn di kelas IV SDN 101865 Bintang meriah. Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakanmetode karyawisata.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, yangterdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sedangkan objekpenelitian ini adalah penggunaan metode karyawisata dalam meningkatkanmotivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakanadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya adalahterdiri dari 2 siklus . Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah denganditerapkannya metode karyawisata dapat meningkatkan motivasi belajar siswapada pembelajaran Pkn di SDN 101865 Bintang Meriah.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa motivasi belajar siswaselama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan,pada kondisi awal nilai rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, padasiklus I pertemuan I ada 13 orang siswa yang memiliki motivasi belajar siswadengan kriteria rendah 46,67%. Pada siklus I Pertemuan II ada 16 orang siswamemiliki kriteria sedang 56,67%. Dan pada siklus II pertemuan I persentasebelajar siswa mengalami peningkatan yaitu: 24 orang siswa memiliki motivasibelajar dengan kriteria tinggi, (80%). Dan pada siklus II Pertemuan II Semakinmeningkat lagi sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasibelajar siswa yaitu:27 orang siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi (90%)Kemudian dapat dilihat bahwa motivasi belajar siswa dengan menggunakanlembar observasi mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu pada kondisiawal ada 12 orang siswa yang memiliki motivasi belajar sedang (40%).dan padaakhir siklus ada 18 orang siswa yang memiliki motivasi belajar siswa tinggi dansangat tinggi (86,67%).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dengan menggunakanmetode karyawisata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKN ,materi pemerintahan desa dan kelurahan pada kelas IV SDN101865 Bintang Meriah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Han m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Karyawisata; PKN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8047 |