Munawari, Rayda (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36200 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
36200 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
36200 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
36200 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (0B)
36200 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
36200 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
36200 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
36200 BAB I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
36200 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
36200 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
36200 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2014/2015. Penelitian ini bertujuan “Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2014/2015”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate yang berjumlah 33 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus,siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pre test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre test dari 33 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 9 orang siswa(27,3%) mendapat nilai tuntas dengan nilai (65-75),dan sebanyak 24 orang siswa (72,7) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai (5-60),dengan nilai rata-rata 51,55. Pada siklus I terdapat sebanyak 22 orang siswa(66,7%) mendapat nilai tuntas dengan nilai (65-90), dan sebanyak 11 orang siswa(33,3%) mendapatkan nilai belum tuntas (10-65)dengan nilai rata-rata 64,45. Pada siklus II di peroleh sebanyak 30 orang siswa (90%) mendapatkan nilai tuntas dengan nilai (65-100),dan sebanyak 3 orang siswa(9,09%) yang tidak tuntas dengan nilai 60 dengan nilai rata-rata 84,24. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa “penggunaan model pembelajaran Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2014/2015”.Oleh karena itu,guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Mun m |
Keywords: | Belajar; Peserta Didik; Matematika; Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8044 |