Rezeki, Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN, TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
34308 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
34308 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
34308 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
34308 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
34308 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
34308 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
34308 BAB I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
34308 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
34308 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Dengan menggunakan model pembelajaran Guided teaching diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa pokok bahasan perubahan lingkungan fisik. Kurangnya motivasi belajar siswa dikarenakan siswa terlihat bosan dalam proses pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat pada proses pembelajaran. Adapun dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui dengan menggunakan model pembelajaran guided teaching pada mata pelajaran ipa pokok bahasan perubahan lingkungan fisik di kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengunakan model pembelajaran guided teaching. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan pada mata pelajaran IPA. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain Arikunto dan dalam penerapannya menggunkan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa lembar angket dan lembar observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran guided teaching motivasi belajar siswa mengalami peningkatan.Dari hasil perhitungan observasi guru pada siklus I pertemuan 1 peneliti memperoleh nilai sebesar 67 % dan cukup meningkat dipertemuan 2 menjadi 75%. Untuk observasi siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai sebesar 58% dan cukup meningkat pada siklus I pertemuan 2 sebesar 71% dan pada angket hasilnya 61%. Dari hasil tersebut nilai rata-rata siswa masih kurang karena belum mencapai hasil seperti yang diharapkan oleh peneliti. Dan pada tindakan selanjutnya di siklus II pertemuan terjadi peningkatan. Untuk observasi guru siklus I pertemuan 1 dari 67 % di siklus II pertemuan I menjadi 87%, dan pada siklus I pertemuan II 75% disiklus II pertemuan II menjadi 93%. Tindakan selanjutnya di siklus II terjadi peningkatan untuk observasi siswa siklus I pertemuan 1 dari 58 % di siklus II pertemuan 1 menjadi 83% dan pada siklus I pertemuan 2 dari 71% di siklus II pertemuan II mejadi 93%. Dan untuk angket pada siklus I dari 61% menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan presentase diatas terjadi peningkatan yang cukup signifikan dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Rez u |
Keywords: | motivasi belajar; fungsi motivasi; bentuk motivasi di sekolah; model pembelajaran; lingkungan fisik; angin; hujam; cahaya matahari; erosi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8025 |