Lestari, Ika Ayu (2015) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA DI SD AL-WASHLIYAH 27 KECAMATAN MEDAN DELI. Undergraduate thesis, UNIMED.
36169 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
36169 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
36169 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
36169 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
36169 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
36169 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
36169 Bab I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
36169 Bab V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
36169 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
36169 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah hubungan antara Perhatian orang tua dengan perilaku belajar siswa ?. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dengan perilaku belajar siswa di SD Al-Washliyah 27 Kecamatan Medan Deli. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa SD Al-Washliyah 27 Medan Deli dengan jumlah 92 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 46 orang yaitu 50% dari jumlah populasi dengan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian ini adalah melalui angket tertutup. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara menguji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan korelasi dan regresi sederhana pada taraf signifikan 0,05 dnegan rumus Product Moment dan uji t. Dari hasil pengolahan dan analisis data diperoleh nilai rata-rata ideal pada variabel perhatian orang tua mencapai 43,8 dengan perhitungan skor terendah ditambah skor tertinggi dibagi dua. Sedangkan standar deviasi (SD) 5,6 dibuktikan juga dengan 28% responden masuk dalam kategori sedang. Pada variabel perilaku belajar anak diperoleh nilai rata-rata ideal 47,35 dan standar deviasi (SD) 6,3 yang dibuktikan dari 30% responden termsauk dalam kategori sedang. Hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi antara perhatian orang tua dengan perilaku belajar siswa (rxy) sebesar 0,841 sedangkan rtabel 0,290 berarti berkorelasi. Teknik uji hipotesis yang digunakan rumus uji t, hasil uji hipotesis menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan perilaku belajar anak pada taraf 5% (thitung>ttabel = 1,90 > 1,67). Maka dapat dinyatakan bahwa semakin besar perhatian orang tua maka semakin baik pula perilaku belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Lis h |
Keywords: | Perhatian orang tua, perilaku belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8018 |