Widya, Hidayati (2015) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MATERI POKOK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS IV SD NEGERI101766 BANDAR SETIA T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36165 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
36165 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
36165 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
36165 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
36165 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
36165 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
36165 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
36165 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
36165 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
36165 DAFTAR PUSTAkA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penyampaian materi pelajaran IPS oleh guru kelas dalam pembelajaran cenderung bersifat konvensional dan berpusat pada guru yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran IPS yang seharusnya membuat siswa aktif menjadi membosankan. Akibatnya hasil belajar IPS yang dicapai tidak optimal. Masalah yang dirumuskan adalah sebagai berikut :“Apakah dengan penerapan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam materi pokok Perkembangan Teknologidi kelas IV SD Negeri101766 Bandar Setia?”Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan menggunakan siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis yang terdiri dari persentase, rata-rata, dan skor minimal-maksimal. Penelitian ini menggunakan metode Quantum Teachingyang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia yang terdiri dari 26 siswa yang terdiridari 16 siswalaki-lakidan 10siswaperempuanHasil yang diperoleh melalui penggunaan metode Quantum Teachingdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia Semester 2 Tahun 2014/2015. Hal ini dibuktikan dari hasil perolehan skor rata-rata IPS Pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 yakni dengan KKM ≥65 dari kondisi awal (Pre tes) siswa yang tuntas 13 orang yaitu 50% yang tidak tuntas sebanyak 13 orang 50% dengan nilai rata-rata kelas 57,30%. Setelah di lakukan siklus I diperoleh siswa yang tuntas belajar 19 orang siswa 73,07%yang tidak tuntas 7 orang siswa 26,92% dengan nilai rata-rata 76,34%. Melihat dari perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajar 24 orang siswa 92,30% yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa 76,9% dengan nilai rata-rata 96,92 %.Saran bagi guru pada waktu pembelajaran IPS, hendaknya guru dapat menyajikan metode Quantum Teachingdengan baik sehingga dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Wid p |
Keywords: | Hasil Belajar IPS, MetodeQuantum Teching. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8014 |