HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A. 2014/2015

Lumban Raja, Esron (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 36161 COVER.pdf]
Preview
Text
36161 COVER.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 36161 Lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
36161 Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of 36161 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
36161 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 36161 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
36161 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 36161 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
36161 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 36161 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
36161 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 36161 BAB I.pdf]
Preview
Text
36161 BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 36161 BAB V.pdf]
Preview
Text
36161 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 36161 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
36161 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui gambaran keterampilan mengajar guru di SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015, 2). Mengetahui tingkat kecenderungan motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015, 3). Mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 101766 Bandar Setia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini unit populasi (total sampling). Sampel yang memawakili jumlah populasi yang dianggap kecil atau kurang dari 100, maka didapat sampel berjumlah 60 orang siswa.Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi product moment diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 101766 Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi yakni nilai rhitung < rtabel (0,146< 0,254). Hasil korelasi diuji dengan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung = 1,252 sedangkan ttabel = 1.671 dengan dk = n – 2 pada taraf signifikan &#945; = 0.05 (5%). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 101766 Bandar Setia tidak teruji kebenarannya secara signifikan, dimana thitung < ttabel (1,252<1,671). Artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa di kelas VI SD Negeri 101766. Hal ini didukung dari hasil penghitungan koefisien determinasi (KD) = 1 – r)² x 100%, bahwa keterampilan mengajar guru memberikan kontribusi yang kecil terhadap motivasi belajar siswa, yakni hanya 0,21%, sedangkan 99,79% ditentukan oleh faktor – faktor lainnya seperti cara orang tua mendidik, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, kegiatan siswa dalam masyarakat, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat, cita – cita siswa, kondisi siswa, kemauan siswa, kondisi lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.071 Lum h
Keywords: Motivasi Belajar; Jinis; Peran Guru;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8010

Actions (login required)

View Item
View Item