Riqka, Atika (2015) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36101 Cover.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
36101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
36101 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
36101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
36101 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
36101 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
36101 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
36101 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
36101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
36101 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dikarenakan kurang tepatnya metode atau model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar, pada pembelajaran IPA guru hanya mengunakan metode ceramah. Untuk mengatasi masalah ini maka peneliti menggunakan model pembelajaran Learning Strats with A Questions sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siwa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Maka masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Learning Strats with A Questions dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 106163 Bandar Klippa?Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran Learning Strats with A Questions dapat meningkatkan Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 106163 Bandar Klippa T.A 2014/2015.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Learning Strats with A Questions dapat meningkatkan Minat belajar siswa kelas V SDN 106163 Bandar Kippa T.A 2014/2015. Dari 23 orang siswa yang terdiri atas 12 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan diperoleh hasil penelitian dengan rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 41,2 dan meningkat menjadi 62,5 pada siklus I kemudian pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 85,6. Pada saat pretes tingkat ketuntasan belajar 12,00% yang terdiri atas 3 orang siswa dengan ketercapaian tes kemampuan siswa 0, setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 64,00% yang terdiri atas 16 orang siswa dengan tingkat ketercapaian tes kemampuan siswa sebesar 50% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 92,00% yang terdiri dari 23 orang siswa dengan tingkat ketercapaian tes kemampuan siswa mencapai 100% atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan telah mencapai ketuntasan belajar di atas 75%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran d Learning Strats with A Questions apat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN 106163 bandar klippa T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Riq m |
Keywords: | minat belajar; model learning starts with a questions; pembelajaran IPA; sistem pernapasan manusia |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8002 |