MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2014/2015

Batubara, Syahrida (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 1113311052 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 1113311052 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. 1113311052  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 1113311052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of 3. 1113311052 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. 1113311052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4 1113311052 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 1113311052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 5. 1113311052 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 1113311052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. 1113311052 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 1113311052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1113311052 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 1113311052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 8. 1113311052 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. 1113311052 BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 12. 1113311052 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. 1113311052 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 13. 1113311052 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. 1113311052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis, Kec. Percut Sei Tuan pada pelajaran Sains.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sains pada materi pokok perubahan lingkungan, subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis, Kec. Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Objek dalam penelitian ini merupakan upaya guru dalam menggunakan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains pada materi pokok perubahan lingkungan. Ada pun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan yaitu menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan lembar observasi untuk guru, serta lembar angket motivasi belajar siswa yang dilaksanakan dua siklus. Hasil data yang diperoleh berupa tabel pada lembar observasi motivasi belajar siswa diperoleh 3,727.916% pada siklus I pertemuan I, 5,437.5% pada siklus I pertemuan II. Hasil tersebut perlu dilakukan perbaikan disiklus II diperoleh data 7,156.25% pada siklus II pertemuan I, 8,718.75% pada siklus II pertemuan II dan terjadi peningkatan motivasi. Sedangkan pada lembar angket pada siklus I diperoleh data 5,5570.833% hal itu tidak sesuai dengan nilai yang diharapkan sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data 8,179.166% sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa. Selain itu, nilai hasil observasi guru adalah 65,5% pada siklus I pertemuan I, 70% pada siklus I pertemuan II. Pada siklus I ini tidak mencapai nilai yang diharapkan, sehingga dilanjutkan pada siklsu II. Pada siklus II pertemuan I diperoleh data 96,25%, dan 98,75% pada siklus II pertemuan II, yang merupakan peningkatan yang cukup baik untuk aktivitas guru sehingga dikatakan berhasil dan mencapai nilai yang diharapkan. Penelitain ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis, Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Dan disarankan agar guru lebih kreatif lagi dalam pembelajaran dan dapat menggunakan model pembelajaran yang baru ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.357 Bat m
Keywords: hakikat belajar; motivasi belajar; model pembelajaran; pembelajaran scramble; pembelajaran sains; perubahan lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8000

Actions (login required)

View Item
View Item