Mustika, Yana (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA TEMA TEKNOLOGI KELAS III SD NEGERI 056601 PEKAN SAWAH KABUPATEN LANGKAT T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1111512012 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. 1111512012 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. 1111512012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. 1111512012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. 1111512012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. 1111512012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. 1111512012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
10. 1111512012 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
11. 1111512012 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
12. 1111512012 DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. 1111512012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tematik rendah pada tema teknologi subtema matahari sumber cahaya dan panas dikelas III SD Negeri 056601 Pekan Sawah Kabupaten Langkat T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery Learning pada pembelajaran tematik dikelas III SD Negeri 056601 Pekan Sawah Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 056601 Pekan Sawah Kabupaten Langkat T.P 2014/2015 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Adapun teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian dengan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dari 30 siswa yang telah mempelajari tentang matahari sumber cahaya dan panas memperoleh nilai terendah sebesar 40 dan tertinggi sebesar 90. Siswa yang memperoleh nilai <65 atau tidak tuntas sebanyak 13 orang (43,34%) dan siswa yang mencapai nilai >65 atau tuntas sebanyak 17 orang (56,66%). Rata-rata perolehan nilai hasil belajar sebesar 62,33. Tingkat ketuntasan klasikal mencapai 56,66%. Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belum memiliki tingkat keberhasilan belajar (kentutasan klasikal) karena masih dibawah 85,00%. Hasil penelitian dengan pelaksaan pembelajaran siklus II dapat diketahui bahwa 28 orang siswa (93,33%) mengalami ketuntasan dan 2 orang siswa (6,67%) belum mengalami ketuntasan individu. Perolehan ketuntasana klasikal sebesar 93,33% hal ini membuktikan bahwa hasil belajar secara klasikal pada siklus II telah mencapai ketuntasan karena telah mencapai 85,00% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 86,16.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema teknologi subtema matahari sumber cahaya dan panas dikelas III SD Negeri 056601 Pekan Sawah Kabupaten Langkat T.P 2014/2015. Sehingga dapat dijadikan salah satu alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikels III SD pada pembelajaran tematik khususnya pada tema teknologi subtema matahari sumber cahaya dan panas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Mus m |
Keywords: | hasil belajar; metode pembelajaran; metode discovery learning; materi tematik; energi; gerak benda |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7999 |