Sitepu, Ripka Serpinta (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 064016 BILAL UJUNG KECAMATAN MEDAN TIMUR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113311038 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 1113311038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIM. 1113311038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. NIM. 1113311038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 1113311038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM. 1113311038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 1113311038 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 1113311038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
10. NIM. 1113311038 BAB I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
11. NIM. 1113311038 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
12. NIM. 1113311038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
3. NIM. 1113311038 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pesawat Sederhana melalui metode Picture and Picture.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II . Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064016 Bilal Ujung Kecamatan Medan Timur T.A 2014/2015 yang berjumlah 32 siswayang terdiri dari 14 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Melakukan tahapan yaitu tahapan perencanaan , tindakan, refleksi dan evaluasi. Objek pengggunaan metode Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana.Dari hasil analisa data pre tes di peroleh nilai rata-rata 57,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 43,75%, nilai pada siklus I di peroleh nilai rata-rata 67,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,63% berarti terjadi peningkatan 21,88% pada postes siklus II diperoleh nilai rata-rata 84,37 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,62% terjadi peningkatan sebesar 24,99% dari hasil postes siklus I. Sedangkan di dalam observasi guru terdapat % .Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada pelajaran IPA khususnya pada materi Pesawat Sederhana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sit m |
Keywords: | hasil belajar; metode pembelajaran kooperatif; metode pembelajaran picture and picture; hakekat ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7998 |