UPAYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF

Surya, Edy (2012) UPAYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF. Jurnal Tematik, 01 (08). 01-14. ISSN 1979-0633

[thumbnail of UPAYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH.pdf]
Preview
Text
UPAYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview

Abstract

Kenyataan di sekolah hasil belajar matematika rendah karena sebagian besar siswa kurang antusias, takut dan ketidakmampuan guru menciptakan situasi dan kondisi yang membawa siswa tertarik pada matematika. Hal ini mengindikasikan ada sesuatu yang salah dan belum optimal dalam pembelajaran matematika. Pada dasarnya siswa sangat membutuhkan pembelajaran yang menarik, menantang, inovatif, dan menyenangkan. Perlunya usaha perbaikan proses pembelajaran melalui upaya pemilihan model pembelajaran yang tepat dan inovatif dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan strategi konflik kognitif. Strategi ini dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas secara berarti. Desain instruksional konflik kognitif memerlukan persiapan yang matang, hal ini terkait dengan konsep, tingkat kematangan berpikir subjek didik, konteks lingkungan dan fasilitas yang tersedia.

Item Type: Article
Keywords: PBM; Strategi Konflik Kognitif; Desain Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:04
Last Modified: 30 Mar 2016 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item
View Item