KASUMA (2014) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK DI PAUD ANANDA JLN. PERJUANGAN DESA LAUT DENDANG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 109098015 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2 109098015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3 109098015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4 109098015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5 109098015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6 109098015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7 109098015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8 109098015 BAB I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
9 109098015 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
10 109098015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan pembatasan masalah tersebut di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah : Apakah dengan penerapan pembelajaran kerja kelompok dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Ananda Jln Perjuangan dusun 1 Kamboja Gg Nangka Desa Laut Dendang Kec Sei Tuan T.A 2013/2014.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5 – 6 tahun melalui metode pembelajaran kerja kelompok di paud ananda Jln Perjuangan dusun 1 Kamboja Desa Laut Dendang Kec Sei Tuan T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B PAUD Ananda Laut Dendang yang berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran kerja kelompok dalam meningkatkan perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok. Hasil analisis data pada siklus I di peroleh data bahwa perkembangan kemampuan sosial anak yaitu sebanyak, 4 orang anak atau (20%) yang tergolong tinggi, 6 orang anak atau (30%) yang tergolong rendah dan 10 orang anak atau (50%) yang tergolong sangat rendah. Dari data hasil observasi tersebut sehingga perlu dilakukan pembelajaran melalui metode kerja kelompok yang lebih baik pada siklus II. Dari hasil analisis siklus II di peroleh hasil bahwa perkembangan sosial anak meningkat yaitu, terdapat 15 orang anak atau (75%) yang tergolong sangat tinggi, 4 orang anak atau ( 20%) yang tergolong tinggi, dan 1 orang anak (5%) yang tergolong rendah. Dari hasil temuan peneliti tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kerja kelompok dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Laud Dendang Medan Estate T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Kas m |
Keywords: | Perkembangan; Sosial; Sifat; Anak Usia Dini; Pembelajaran; Kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7980 |