Surya, Edy PENINGKATAN REPRESENTASI VISUAL THINKING MATEMATIKA SISWA SMP N 11 MEDAN DENGAN MELATIH KETRAMPILAN MENGGAMBARDAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Title.
Peningkatan representasi visual thinking matematika.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
Abstract
Siswa SMP terkadang kurang percaya diri dalam memahami dan memecahkan masalah matematika. Masalah yang ditemukan antara lain siswa kurang menguasai konsep, kurang dapat merepresentasikan apa yang dipikirkan sehingga hasil belajar tidak maksimal. Alasan lain yang dikemukakan siswa bahwa mereka harus menguasai banyak materi pelajaran di samping pelajaran matematika, mengerjakan banyak tugas-tugas serta kurang mengerti materi pelajaran yang disampaikan guru. Begitu juga ditemukan bahwa guru matematika kurang percaya diri dalam mengajar dan mengatasi berbagai pertanyaan serta kesulitan yang dialami siswa. Sebagian besar guru kurang trampil menggambar apa yang dipikirkannya pada materi geometri dan merepresentasikan soal cerita pada saat mengajar dan pemecahan masalah matematika. Begitu juga pada penguasaan teori dan model pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan materi matematika tidak dikaitkan dengan kehidupan lingkungan siswa, strategi dan metode pembelajaran guru yang kurang tepat dan kurang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa. Pada dasarnya siswa sangat membutuhkan pembelajaran matematika yang jelas, menarik, kreatif, dan menyenangkan. Desain penelitian merupakan penelitian eksprimen yang menerapkan pendekatan kontekstual dan pendekatan konvensional. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Medan pada dua kelas berjumlah 96 orang. Pengambilan sampel dengan purposive sample. Instrumen penelitian tes dan non tes. Tes kemampuan representasi visual thinking diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dan non tes berupa angket diberikan kepada siswa. Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan representasi visual thinking, trampil membuat pola dan menggambar, membuat kalimat matematika, mengkomunikasikan dan menceritakan kembali masalah matematika. Guru matematika harus dapat merencanakan, melaksanakan, memantau, mengevaluasi PBM matematika. Pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan mengkaitkan dengan sumber daya lingkungan diharapkan dapat memaksimalkan hasil belajar matematika dan membentuk sumber daya siswa yang mandiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Representasi; Visual Thinking; Ketrampilan Menggambar; Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 06:00 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/798 |