Sari, Anisa Lovita (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN TOILET TRAINING DI TK.SANDHY PUTRA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 109113006 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2 109113006 LEMABR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
3 109113006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4 109113006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5 109113006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6 109113006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7 109113006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8 109113006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9 109113006 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
10 109113006 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
11 109113006DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
03 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil obervasi dilapangan terlihat rendahnyakemandirian anak usia 4-5 tahun di Tk.Sandhy Putra Medan, (2) penggunaan Diapers yang dibiasakan oleh orang tua, (3) anak belum mampu untuk buang air besar/kecil sendiri, (4) anak belum mampu membuka atau memakai pakaiannya sendiri, (5) setelah selesai bemain anak tidak menyusun kembali mainannya ketempat semula (6) sebagian anak masih takut untuk mengungkapkan keinginan buang air besar/kecil, (7) guru tidak membiasakan anak untuk melakukan kegiatan toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemandirian anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan Toilet Training di Tk. Sandhy Putra Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu melakukan observasi pembelajaran dikelas untuk mengetahui pembelajaran di dalamkelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di Tk. Sandhy Putra, yang berjumlah 18 orang anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sedangkan objekpenelitian ini adalah kegiatan toilet training untuk mengembangkan kemandirian anak. Instrumen dalam penelitian ini digunakan lembar observasi perkembangan kemandirian anak dengan indikator sebagai berikut: kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, pandaibergaul, mengendalikan emosi dan indikator toilet training.Hasil observasi dan refleksi pada siklus I menunjukan dari hasil penelitian pada pertemuan 1 terdapat 5 orang anak (28%) tergolong cukup mandiri dan 13 orang anak (72%)tergolong kurang mandiri. pada pertemuan 2 terdapat 2 orang anak (11%) yang tergolong mandiri, 13 orang anak (72%)yang tergolong cukup mandiri dan 3 orang anak (17%)yang tergolong kurang mandiri. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terdapat 1 orang anak (6%) tergolong sangat mandiri, 8 orang anak (44%) tergolong mandiri dan 9 orang anak (50%) tergolong cukup mandiri. pada pertemuan 2 terdapat 7 orang anak (39%) yang tergolongsangat mandiri, 9 orang anak (50%) yang tergolong mandiri, dan 2 orang anak (11%) yang tergolong cukup mandiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwamelalui kegiatan toilet training dapat meningkatkan perkembangan kemandirian anak. Oleh karena itu, kegiatan toilet training dapat diterapkan pada pembelajaran sebagai salah satualternatif dalam meningkatkan perkembangan kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK.Sandhy Putra Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Sar u |
Keywords: | Kemandirian; Anak usia dini; Toilet training; Usia; Proses belajar; Orang dewasa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7962 |