Rebung (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK IPC KUTA PANJANG T.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 109098029 Cover.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 109098029 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
3 109098029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4 109098029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5 109098029DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6 109098029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7 109098029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8 109098029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9 109098029 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
10 109098029 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
11 109098029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
03 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh media buku cerita bergambar terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 Tahun di TK IPC Kuta Panjang 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK IPC Kuta Panjang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen yang diberi pengajaran dengan kegiatan media buku cerita bergambar dan satu kelas kontrol dengan pengajaran tampa kegiatan media buku cerita bergambar. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 anak. Pariabel bebas adalah media buku cerita bergambar sedangkan variaabel terikatadalah perkembangan kognitif. Instrument pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisa data menggunaka uji-t. Dan observasi satu pengobserver dengan pedoman observasiyang telah disediakan peneliti.Hasil analisa data diperoleh bahwa terdapat perkembangan kognitif anak yang meningkat secara signifikan pada kegiatan belajar dengan media buku cerita bergambar. Adapun hasil uji-t pada taraf signifikasi 0,05 dengan kreteria pengujian uji pihak kanandimana harga thitung > ttabel atau 2,461 > 1,707 dengan dk =(n1 +n2-2) dan ttabel diperoleh darihasil interpolas. Maka dapat dinyataka Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan yang diperoleh terhadap perkembangan kognitif anakmenggunakan media buku cerita bergambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Reb p |
Keywords: | Manfaat media; Media buku; Cerita bergambar; Perkembangan kognitif; Anak; Kerangka konseptual. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7961 |