Rohana (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PEMBINA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 109098031 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2 109098031LEMBAR - PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3 109098031KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4 109098031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
5 109098031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
6 109098031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7 109098031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8 109098031 BAB I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9 109098031DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
10 109098031 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
11 109098031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan duasiklusdan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan terdiri dari perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembarobservasi.Masalah dalam penelitian ini adalahmotorik halus anak adalah gerakanyang menggunakan otot-otot halus atau bagian anggota tubuh yang dapat dilatih dalam bentuk gerak-gerik yang bervariasi dengan lentur agar anka terbiasa dalam melakukan kegiatan menjiplak.Penelitian ini dilakukan di TK PEMBINA NEGERI 2 MEDAN, Jln Tangguk Raya Blok 3 Griya Martubung Medan. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B1 TK PEMBINA NEGERI 2 MEDAN, Jln Tangguk Raya Blok 3 Griya Martubung Medan.Yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi , teknik analisis data menggunakan rumus P= f/Nx 100% Hasil observasi dan refleksi pada siklus I dilakukan tindakan dengan memberikan kegiatan menjiplak terdapat sebanyak 4 orang anak ( 25% )tergolong baik, 12 orang anak ( 60% ) tergolong cukup, dan 4 orang anak ( 20% ) tergolong kurang, Hal ini bahwa kegiatan menjiplak yang dilakukan pada siklus I untuk meningkatkan motorik halus anak masih terdapat masih rendah,sehingga perlu dilakukan kegiatan menjiplak pada siklus II. Pada siklus II dilakukanperbaikan tentang motorik halus anak dengan tetap melalui kegiatan menjiplak, setelah tindakan siklus II dilakukan, terdapat sebanyak 14 orang anak ( 70% ) tergolong sangat tinggi, 4 orang anak ( 20% ) tergolong baiki, 2 orang anak ( 10% ) tergolong cukup. Selanjutnya dari hasil observasi pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari hasil siklus I diperoleh tingkat motorik halus anak yang tinggi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan menjiplakdapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B1 padatema binatang di TK PEMBINA NEGERI 2 MEDAN, Jln Tangguk Raya Blok 3Griya Martubung Medan. Semester genap tahun ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.22 Roh u |
Keywords: | Kemampuan; Motorik halus; Menjiplak; Kemampuan anak; Faktor kematangan; Faktor kesehatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7956 |