Harahap, Melianni (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI BIMBINGAN KONSELING TEKNIK PLAY TERAPI DI TK KARUNIA KECAMATAN MEDAN JOHOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1-110351005 COVER SKRISPSI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2- 110351005 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3-110351005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4- 110351005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5-110351005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6-110351005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7-110351005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8-110351005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9-110351005 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13-110351005 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14-110351005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Meningkatkan kemampuan Berbahasa anak Melalui bimbingan konseling teknik play terapi di TK karunia kecamatan medan johor. Bahasa adalah produk budaya manusia yang berfungsi sebagai alat komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perkembangan bahasa anak sesuai dengan tahap perkembangannya dengan menggunakan play terapi yang diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran di TK Karunia T.A 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari II siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Populasi dan penelitian ini adalah seluruh murid TK B Karunia yang berjumlah 46 orang, dan yang menjadi sampel adalah murid TK B yang mengalami masalah perkembangan bahasa anak yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa perkembangan bahasa anak pada siklus I terdapat 3 anak (50%) yang sudah mengalami perkembangan bahasa dengan rata-rata 61,6 dan terdapat 3 anak (50%) yang masih belum mengalami perkembangan bahasanya. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan anak dalam mengikuti play terapi masih tergolong kurang baik banyak 5 anak. Pada siklus II sebanyak 5 anak (83,3%) yang sudah mengalami perkembangan bahasa dan hanya 1 orang anak (16,6%) yang masih kurang baik yang belum mengalami perkembangan bahasa, dengan nilai rata-rata kelas 84,1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa bimbingan konseling teknik play terapi dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di TK Karunia Kecamatan Medan Johor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Har m |
Keywords: | Perkembangan Bahasa; Anak TK; Play Terapu; Permainan Terapelitik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7947 |