Hayati (2015) PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE-POLAYING TERHADAP PERILAKU SOLIDARITAS SISWA DALAM MENOLONG TEMAN KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103351016 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. 1103351016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. 1103351016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. 1103351016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
5. 1103351016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. 1103351016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. 1103351016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. 1103351016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. 1103351016 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
13. 1103351016 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. 1103351016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman Kelas X IPS 1 SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2014-2015? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman Kelas X IPS 1 Di SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2014/2015”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk di olah data tentang perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 41 item angket yang disebarkan ada 36 item yang valid dan 5 item yang tidak valid, yaitu soal no. 20, 22, 27, 29, dan 32. Jadi soal yang diberikan terhadap 8 sampel berjumlah 36 item.teknik analisis data mengunakan uji wilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role-playing di peroleh data pre-test perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman rata-rata 64.6 dan rata-rata post-test perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman adalah sebesar 123.3, dan terdapat peningkatan internal perilaku solidaritas siswa senilai 30,27%. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji tanda wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan hasil perhitungan post-test 5% Jhitung < J (0<6)serta Zhitung (-2,45) < Ztabel (-1,96). Sehingga perilaku solidaritas dalam menolong teman yang mendapatkan bimbingan kelompok teknik role-playing lebih tinggi dari pada sebelum di lakukan bimbingan kelompok role-playing artinya dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Hay p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Role Playing; Perilaku Solidaritas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7946 |