Gultom, Nisa Anyari (2015) MENGURANGI DAMPAK BURUK GADGED DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103351029 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. 1103351029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. 1103351029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4.1103351029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5.1103351029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. 1103351029DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. 1103351029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8.1103351029 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9.1103351029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
10. 1103351029 BAB I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
14.1103351029 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
15. 1103351029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat mengurangi dampak buruk gadged dalam interaksi sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai T.A. 2013-2014. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi dan angket. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing memiliki 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus peneliti melakukan penilaian segera (Laiseg) dan penyebaran angket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi dampak buruk gadged dalam interaksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai T.A. 2013-2014.Berdasarkan hasil analisis angket sebelum diberikan tindakan, diperoleh 12 orang siswa dengan 9 orang yang memiliki interaksi sosial terendah akibat pengaruh gadged dan 3 orang yang memiliki interaksi sosial tertinggi, sehingga persentase awal dalam 1 kelompok adalah 25%. Dari hasil analisis data pada siklus I setelah diberikan tindakan diperoleh 3 orang siswa yang mengalami peningkatan dalam sikap sosial sehingga persentase keberhasilan menjadi 50%, hal ini dilihat dari hasil analisis angket dan laiseg. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada interaksi sosial siswa yaitu 83% karena diperoleh 4 orang siswa yang mengalami peningkatan. Walaupun masih ada 2 orang siswa (17%) yang dikategorikan ‘sedang, namun tingkat keberhasilan layanan sudah memenuhi target yakni 75%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dampak buruk penggunaan gadged dalam interaksi sosial siswa dapat dikurangi melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai T.A. 2013-2014. Sebaiknya layanan bimbingan kelompok teknik diskusi ini digunakan oleh guru BK yang ada di SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai agar dapat mengurangi dampak buruk gadged terhadap interaksi sosial siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Gul m |
Keywords: | Gadjed; Interaksi Sosial; Layanan Bimbingan Kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7945 |