Sinaga, Cathryn Margareth (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104243 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 1113311006 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
02 1113311006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
03 1113311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
04 1113311006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
05 1113311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06 1113311006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
07 1113311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
08 1113311006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
09 1113311006 BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
13 1113311006 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14 1113311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalai kesulitan belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar bahasa Inggris pada siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dimana menjelaskan atau memaparkan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104243 Lubuk Pakam dimana sampel penelitiannya adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket yang telah valid sebanyak 35 item. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar yang disebabkan oleh dua faktor yaitu pertama faktor internal (59,93%) dimana mencakup faktor kondisi biologis (48%) yang berarti cukup baik atau cukup menghambat siswa dalam mengikuti pelajaran, faktor psikiatrik (55,5%) berarti cukup atau cukup menghambat siswa dalam belajar, faktor inteligensi (58,33%) berarti cukup atau cukup menghambat siswa dalam belajar, faktor minat (62,2%) yang berarti cukup atau cukup menghambat siswa dalam belajar, faktor motivasi (79%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar dan kedua faktor eksternal (70%) mencakup faktor orang tua (80%) berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar, faktor guru (68,83%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar, faktor lingkungan sekolah (75%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar, faktor materi pelajaran (65,5%) yang berarti baik bagi siswa dalam belajar, faktor media pembelajaran (66,2%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar.Dari penelitian deskripsi ini dapat disimpulkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Dimana faktor-faktor penyebabnya adalah faktor internal (faktor biologis, psikiatrik, inteligensi minat, dan motivasi) dan faktor eksternal (orangtua, guru, lingkungan sekolah, materi pelajaran, dan media pembelajaran). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor internal merupakan faktor dominan yang menyebabkan menghambat siswa dalam belajar bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.61 Sin a |
Keywords: | Belajar; jinis -jenis Teori; Kesu;itan Belajar; Bahasa Inggris di SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7938 |