Marbun, Lismawati P.S (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI KOOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VI SD NEGERI 107400 BANDARKHALIFAH T. A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103311048 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 1103311048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
3. 1103311048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. 1103311048 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
5. 1103311048 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 1103311048 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. 1103311048 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. 1103311048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13. 1103311048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. 1103311048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN siswa kelas VI SD Negeri 107400 Bandar Khalifah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi pelajaran kerja sama negara-negara Asia Tenggara di kelas VI SD Negeri 107400 Bandar Khalifah Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIA yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran PKN. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta tes pilihan berganda dengan 20 soal untuk melihat hasil belajar siswa.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagian hasil belajar awal siswa dengan persentase 51.00%. data siklus I dengan nilai rata-rata 64.00% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 13.00%. kemudian, pada siklus II dengan rata-rata nilai 73.50%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 9.50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas VI SD Negeri 107400 Bandar Khalifah tahun ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif dalam mata pelajaran PKN khususnya materi kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mar m |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Kooperatif learning tipe stand; Pendidikan kewarganegaraan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7936 |