Ginting, Nur Amelia Br (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 104186 TANJUNG SELAMAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1101311002 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2, 1101311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
3. 1101311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. 1101311002 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. 1101311002 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 1101311002 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7 1101311002 LIST GRAPH.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 1101311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 1101311002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
11. 1101311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
15. 1101311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
116. 1101311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi susunan tata surya di kelas VI SD Negeri 104186 T.A 2013/2014. Karena, guru hanya menggunakan metode ceramah dan lebih menekankan cara pengajaran yang monoton hanya menjelaskan materi, keaktifan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan KBM masih belum optimal sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 104186 Tanjung Selamat.Pembelajaran menggunakan model pembelajaran word square dengan berpedoman pada beberapa teori yang diberikan oleh para ahli diantaranya adalah pendapat dari Asep Mahfuds, Istarani, Hamzah Uno. Dengan menggunakan ketiga pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model word square adalah model pembelajaran yang menggunakan kotak-kotak berupa teka teki silang sebagai alat dalam menyampaikan materi ajar dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 40 orang siswa yang berasal dari siswa kelas VI SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2013/2014, kegiatan ini dilakukan saat pelajaran IPA berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi susunan tata surya. Dimana saat pre test ketuntasan belajar dari 40 orang siswa hanya 3 orang siswa yang tuntas hasil belajarnya yang mencapai persentase 8% dan yang tidak tuntas 37 orang siswa mencapai 92% dengan nilai rata-rata 46. Setelah melaksanakan siklus I dengan menggunakan model Word Square ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 24 orang siswa sebesar 60% dan yang tidak tuntas 16 orang siswa dengan persentase 40%, nilai rata-rata yang diperoleh 65. Perolehan dari hasil siklus I perlu di tindak lanjuti pada siklus II, sehingga secara signifikan hasil belajar siklus II pada mata pelajaran IPA materi susunan tata surya dengan menggunakan model pembelajaran Word Square meningkat menjadi 38 orang yang tuntas mencapai 95% dan yang tidak tuntas 2 orang siswa mencapai 5% dengan nilai rata-rata 87. Dengan persentase hasil belajar siswa secara klasikal dari pre tes ke siklus I meningkat 52% dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 35%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 104186 Tanjung Selamat pada pelajaran IPA dalam materi susunan tata surya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Gin m |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Model pembelajaran word square; Pembelajaran ipa; Susunan tata surya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7932 |