Lubis, Mahrani (2014) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VI SD NEGERI NO.104607 SEI ROTAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1103111039 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 1103111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 1103111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 1103111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. NIM. 1103111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 1103111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1103111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 1103111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 1103111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
14. NIM. 1103111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15. NIM. 1103111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri No.104607 Sei Rotan T.A 2013/2014. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri No.104607 Sei Rotan T.A 2013/2014.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi, yakni melihat bentuk hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Metode korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Dengan demikian diharapkan dapat menemukan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti yaitu pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri No.104607 Sei Rotan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 38 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk pilihan ganda dan hasil belajar siswa diambil dari daftar kumpulan nilai rata-rata raport siswa semester I T.A 2013/2014.Pengolahan data dilakukan dengan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,329 sedangkan nilai rhitung sebesar 0,424 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui rhitung lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% dengan kata lain Ho ditolak sehingga demikian Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri No.104607 Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014.Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa demokratis atau tidaknya pola asuh orang tua dapat memberikan dampak bagi hasil belajar siswa di sekolah. Apabila semakin tinggi pola asuh demokratis orang tua, semakin tinggi pula hasil belajar siswa di SD Negeri No.104607 Sei Rotan T.A 2013/2014 begitu juga sebaliknya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.019 Lub p |
Keywords: | Hakikat pola asuh; Hakikat hasil belajar; Demokrasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7930 |