Meliala, Ika Restika (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 053962 BULUH DURI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103111027 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 1103111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. 1103111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. 1103111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5. 1103111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. 1103111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 1103111027 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 1103111027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
11. 1103111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
15. 1103111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
16. 1103111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
17. 1103111027 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan karena siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dengan metode yang digunakan guru masih bersifat konvensional, aktivitas guru hanya berfokus pada buku pelajaran, dan kurang menggunakan model pembelajaran, sehingga saat di adakan evaluasi banyak siswa yang pemahamannya rendah dalam menguasai materi pelajaran Sains. Maka dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Learning Starts With A Question dapat peningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran sains.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Learning Starts With A Question dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pokok gaya di kelas IV SD Negeri 053962 Buluh Duri TA 2013/2014.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan lembar observasi dan angket untuk mengetahui perkembangan tingkat motivasi belajar siswa pada setiap siklusnya.Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Starts With A Question bahwa pada kondisi awal masih tergolong rendah, dari 25 orang siswa hanya ada 6 orang siswa (24%) yang tergolong memiliki motivasi belajar tinggi, dan 4 orang siswa (16%) yang tergolong memiliki motivasi belajar sedang. Sedangkan 15 orang siswa (60%) tergolong memiliki motivasi belajar yang rendah. Pada siklus I dapat dilihat bahwa ada 10 orang siswa (40%) yang tergolong memiliki motivasi belajar tinggi, dan ada 11 orang siswa (44%) yang motivasi belajarnya sedang. Dan yang tergolong memiliki motivasi belajar rendah sebanyak 4 orang siswa (16%). Dan pada siklus II tidak terdapat lagi siswa yang tergolong memiliki motivasi belajar rendah, dan terdapat 22 orang siswa (88%) yang tergolong memiliki motivasi belajar tinggi, serta terdapat 3 orang siswa (12%) yang tergolong memiliki motivasi belajar sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Starts With A Question pada pelajaran Sains di kelas IV SD Negeri 053962 Buluh Duri.Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Starts With A Question pada mata pelajaran Sains dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada materi pokok gaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Mel m |
Keywords: | Gaya; Macam-macam gaya; Motivasi belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Learning starts whit a question; Hakikat sains; SD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7929 |