Lestary, Melda (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN METODE RESOURSE BASE LEARNING (RBL) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS IV SD NEGERI 106788 PURWODADI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 108313203 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2 108313203 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3 108313203 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4 108313203 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5 108313203 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6 108313203 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7 108313203 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8 108313203 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9 108313203 BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
10 108313203 BAB V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
11 108313203 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
12 108313203 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Dengan Menggunakan Metode Resource Base Learning (RBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada Materi Peta di kelas IV SD Negeri 106788 Purwodadi TA. 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menggunakan Metode Resourse Base Learning (RBL) Materi Peta di Kelas IV SD Negeri 106788 Purwodadi TA. 2011/2012”. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif . Berdasarkan analisis data diperoleh Pada saat diberikan pretes dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang siswa 13% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 26 orang siswa 87% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 52,3. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 18 orang siswa 60% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 12 orang siswa 40% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 67,33. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 28 orang siswa 93,3% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 2 orang siswa 6,7% yang tuntas dengan nilai rata-rata 87,3. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Resourse Base Learning (RBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Peta dan komponennya di kelas V SD Negeri 106788 Purwodadi Ajaran 2011/2012 Oleh karena itu, disarankan Kepada guru agar metode pembelajar Resource Base Learning (RBL) sebagai salah satu upaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi pelajaran Peta dan komponennya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Les m |
Keywords: | Hasil belajar; Risource base learning; Jenis-jenis RBL. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7926 |