Ilham (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 064972 AMPLAS TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 109311039 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2 109311039 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
3 109311039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4 109311039ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5 109311039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6 109311039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 109311039 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8 109311039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9 109311039 BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
10 109311039 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
11 109311039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dirumusakan adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 064972 Amplas TA 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 064972 Amplas TA 2013/2014”. Jenis penelitian ini adalah penelitian populasi. Untuk pengetahuan tersebut data diambil dari sampel yaitu kelas IV yang masing-masing terdiri dua kelas sebanyak 72 Siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan data dilakukan dengan instrument tes dalam bentuk penugasan atau unjuk kerja, yaitu menulis puisi bebas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Data diambil dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t.Hasil perhitungan pada pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post-test di kelas eksperimen sebanyak 81,9 (sangat baik) dan standar deviasi adalah 1,53. Sedangkan hasil post-test kelas kontrol termasuk kategori cukup dengan rata-rata nilai 66,5. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui to sebesar 15,19. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan table ttabel 5% dengan dk=n1 + n2-2, yakni 36+36-2, dari dk=70 diperoleh taraf signifikan 5%=1,66. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 15,19 > 1,66, maka hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 064972 Amplas TA 2013/2014 diterima.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi di kelas IV SDN 064972 Amplas TA 2013/2014”. Oleh karenanya guru perlu mempersiapkan media yang sesuai untuk materi yang mau diajarakan. Penggunaan media juga tidak harus mahal, namun juga dapat digunakan dari benda-benda yang sudah tidak digunakan lagi dan diberikan sedikit inovasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 Ilh p |
Keywords: | Menulis puisis; Media gambar; Karakteristik; Media gambar; Langkah-langkah pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7924 |