Pratiwi, Rahmi Elfa (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 068474 MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103311064 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. 1103311064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. NIM. 1103311064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. 1103311064 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. 1103311064 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. 1103311064 TABELS.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. 1103311064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. 1103311064 APPENDIES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. 1103311064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
10. 1103311064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. NIM. 1103311064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi memerankan tokoh drama dengan menggunakan metode role playing di kelas V SD Negeri 068474 Medan Labuhan.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi yang dibantu dengan alat pengumpulan data seperti tes untuk siswa, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia pada materi pokok memerankan drama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri 068474 Medan Labuhan yang berjumlah 39 orang.Dari analisis yang dilakukan pada tes awal atau pretes sebelum dilakukan tindakan kondisi hasil belajar siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata 54,87, dengan 5 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran (12,8%)dan 34 siswa lain tidak tuntas (87,2%). Sedangkan setelah pelaksanaan metode role playing diperoleh peningkatan pada proses pembelajaran pada proses pembelajaran maupun pada hasil belajar siswa. Namun kegiatan pembelajaran pada siklus I masih kurang baik. Pada hasil tes siklus I nilai rata-rata kelas mencapai nilai 59,8 dimana terdapat 10 siswa yang mengalami hasil belajar tuntas dan 29 siswa yang mengalami hasil belajar tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25,64%. Pada hasil tes siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik dimana nilai rata-rata mencapai angka 77,6 dimana terdapat 3 orang yang tidak tuntas dan 36 orang siswa tuntas dalam proses pembelajaran, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,3%.Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 068474 Medan Labuhan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.67 Pra m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; B. Indonesia; Karya Sastra; Drama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7921 |